Asyik, Ada Program Gemas Setaman

image2_1448758308813

Aceh Besar — SDN Bueng Cala kecamatan Kuta Baro Aceh Besar melakukan launching program Gerakan Masyarakat Sekolah Sehat Terampil dan Mandiri (Gemas Setaman) SDN Bueng Cala, Jumat (21/11/2015).

Kegiatan yang di laksanakan di SDN Bueng Cala ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan sekaligus kerja sama lintas sektor serta  lintas program dalam pelaksanaan program sekolah sehat dan upaya kesehatan sekolah, kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak selolah dengan pendampingan dari Mahasiswa Magister Keperawatan Unsyiah dan dukungan dari puskesmas Kuta Baro.

Launching yang dihadiri oleh kepala Prodi Magister Keperawatan Unsyiah, Dinas Pendidikan Aceh Besar, Muspika Kuta Baro, komite sekolah, Kepala SD di Kecamatan Kuta Baro, wali murid, pengawas sekolah serta BEM Fakultas Keperawatan Unsyiah.

Program GEMAS SETAMAN merupakan program inovasi dari sekolah bersama dengan Mahasiswa Magister Keperawatan Unsyiah ini secara simbolis dibuka oleh Kepala Prodi Magister Ilmu Keperawatan Unsyiah Teuku Tahlil, SKp, M.S, PhD, dalam kegiatan ini juga dilakukan acara penetapan SDN Bueng Cala sebagai Kawasan Tanpa Rokok.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga pelantikan Kader Kesehatan, Sekolah Dokter Kecil dan Ners Junior serta peresmian Ruang UKS sekolah oleh Kepala Puskesmas Kuta Baro.

Maidarisah, S.Pd selaku kepala sekolah SDN Bueng Cala dalam paparannya menyampaikan, program ini merupakan pengembangan konsep UKS dan PHBS Sekolah.

“Melalui program ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian sekaligus kemandirian masyarakat dan sekolah SDN Bueng Cala dalam upaya pemeliharaan dan perlindungan kesehatan bagi warga sekolah, untuk itu kerjasama dan dukungan sangat diperlukan dalam pelaksanaan program ini” ujar Maidarisah

Program yang  memiliki berbagai bentuk kegiatan kesehatan di evaluasi tahap awal dalam satu tahun pelaksanaan ini akan menitik beratkan pada upaya promotif, preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Sumber : acehtrend

Related posts

Leave a Comment