KEP.001 : Teori dan Falsafah Keperawatan (3 SKS)

Tujuan Instruksional Umum

Setelah menyelesaikan mata ajar, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan untuk dapat memahami teori dan falsafah keperawatan dan aplikasinya dalam pelayanan dan asuhan keperawatan.

Silabus (Pokok Bahasan/Materi dan Sub Materi)

Konsep dasar filsafat, konsep inti falsafah keperawatan, falsafah keperawatan menurut pakar, komponen paradigma keperawatan, teori yang mendasari paradigma, tingkatan teori keperawatan, landasan dan perbedaan dan persamaan antara teori satu dengan teori lainnya, komponen pengembangan teori, keterkaitan teori, penelitian dan praktik. Aplikasi Grand Theory Behavioral system model menurut Johnson, aplikasi Grand theory: adaptasi Roy, aplikasi middle grand theory (Peplau, Orlando). Manfaat, strategi, aktivitas berpikir kritis. Integrasi teori dan model keperawaan dalam setting pelayanan komunitas. Aplikasi teori transkultural Leiningers’, aplikasi teori Self Care Orem, aplikasi teori Neuman, aplikasi teori Health Believe Model (HBM) Pender, aplikasi teori Self Efficacy menurut Bandura, aplikasi teori stress adaptasi Selye dan model transmisi stress, appraisal dan kopling Lazarus.

Referensi/Buku Ajar

  1. Kozier, B (2004). Fundamental of Nursing Concepts, Process and Practice (7th edition), New Jersey
  2. Marriner-Tomey & Alligood (2006). Nursing Theorists and Their Works. 6th Ed. St. Louis: Mosby Elsevier, Inc.
  3. Peterson, Sandra J. & Bredow, Timothy S. (2004). Middle Range Theories; Application to Nursing Research. Philadelphia: Lippincott William & Wilkins
  4. Reed, P.G., Shearer, N.C., & Nicoll, L.H. (2004). Perspectives on Nursing Theory. 4th Ed. Philadelphia: Lippincott William & Wilkins.
  5. Artikel pada jurnal ilmiah keperawatan lain yang relevan dengan topik.
  6. Fawcett (2002) Nursing Theories.

Related posts

Leave a Comment