KEP 005. Epidemiologi Dalam Keperawatan (2 SKS)

Tujuan Instruksional Umum

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep epidemiologi, perjalanan dan lingkup epidemiologi, menjelaskan perjalanan penyakit secara alami dan point strategi dari kontrol, menjelaskan pengukuran epidemiologi, menganalisis desain epidemiologi dan study epidemiologi, menganalisis bagaimana mengaplikasi konsep epidemiologi dalam praktek keperawatan dan penelitian keperawatan.

Silabus (Pokok Bahasan/Materi dan Sub Materi)

Konsep epidemiologi, sejarah dan lingkup epidemiologi, perjalanan penyakit secara alami dan poin strategi kontrol, studi epidemiologi/desain penelitian, desain penelitian, deskripsi epidemiologi, change, bias, konfonding dan pengukuran eror, pengumpulan tugas individu dengan topik yang ditentukan, sumber data, pengukuran morbiditas, mortalitas, status kesehatan, dan distribusi penyakit.
Aplikasi dan latihan studi epidemiologi, aplikasi konsep epidemiologi, analisis situasi kesehatan masyarakat di Asia, Screening, disease prevention dan control, surveilens, investigasi penyakit, presentasi hasil penelitian yang dipublis: (1) Aplikasi konsep epidemiologi dalam praktek keperawatan dan implikasi epidemiologi dalam penelitian keperawatan; (2) topik emphasizing dalam studi epidemiologi/desain; (3) topik fokus pada skrining; (4) topik fokus pencegahan penyakit dan kontrol.

Referensi/Buku Ajar

  1. Barker, D.J.P., Cooper. C., & Rose, G (1998). Epidemiologi in medical practice. (5th) New York: Churchill Livingstone.
  2. Gordis, L. (2004). Epidemiologi in nursing practice. St.Louis: Mosby
  3. Harkness, G.A. (1995). Epidemiologi in nursing practice. St. Louis: Mosby
  4. Lilienfeld, D.F., & Stolley DD. (1994). Foundation of Epidemiology. (3rd ed) New York : Oxford University Press
  5. Clark, M.J. (1996). Nursing in the Community . (2nd ed) Stamford: Appleton and Lange.
  6. Bureau of Epidemiology, Department of Disease Control, Ministry of Public Health Thailand http://203.157.15.4/

Related posts

Leave a Comment