KEP 011. Hospitality in Nursing* (2 SKS)

KEP 011. Hospitality in Nursing* (2 SKS)

Tujuan Instruksional Umum

Mampu memahami tentang total quality manajement/continous quality improvement (TQM/CQI) quality assurance/quality improvement (QA/QI), mampu memahami tentang Quality Assurance (QA) dan Quality improvement (QI), mampu menganalisa riwayat perkembangan mutu di keperawatan dan perubahan perkembanganny setelah di kelola, mampu mengetahui pendekatan yang digunakan dalam mengevaluasi dan teknik-teknik yang digunakan sebagai implementasi dalam meningkatan kualitas secara berkesinambungan, mendiskusikan 5 faktor yang mempengaruhi Pengukuran kualitas dan peningkatan kualitas, membandingkan dan membedakan 6 jenis model yang digunakan dalam pengukuran dan peningkatan kualitas perawatan di komunitas, mendiskusikan peran perawat dalam pengukuran kualitas dan peningkatan program keperawatan yang ada di masyarakat.

 Silabus (Pokok Bahasan / Materi dan Sub Materi)

Costumer service, Costumer behavior & hospitality (hub dengan Job performance perawat komunitas); Pendekatan mutu dan kepuasan pelanggan dalam pelayanan kesehatan; Manajemen mutu paripurna (total quality manajemen); Menjaga mutu pelayanan kesehatan (quality assurance in health care); Visi, Misi, dan strategi mutu pelayanan kesehatan; Estetika dalam keperawatan komunitas; Peningkatan mutu berkelanjutan (continous quality improvement in health care); Gugus kendali mutu pelayanan kesehatan; Costumer value, costumer loyalty & hospitality (keterkaitan dengan Job performance perawat komunitas); Hospitality & aplikasi dalam tatanan pelayanan kesehatan di komunitas; Aplikasi perilaku Pelayanan prima dalam pelayanan kesehatan di komunitas; Aplikasi kegiatan quality assurance di pelayanan kesehatan di komunitas; Aplikasi Pemecahan masalah, pembuatan keputusan (problem solving & decision making) program pelayanan kesehatan.
Aplikasi Gugus kendali mutu pada pelayanan kesehatan di komunitas; Aplikasi penilaian costumer satisfaction; Aplikasi Peningkatan mutu berkelanjutan pada pelayanan kesehatan komunitas.

Referensi/Buku Ajar

  1. Stanhope, M & Lancaster, J. (2004). Community & public health nursing, sixth edition, Mosby,
  2. Stone, S.C, McGuire, S.L; Eigsti,D.G. (2002), Comprehensive community health nursing, Family, aggregate & community practice, sixth edition, Mosby,
  3. Allender, J.A & Spradley, B.W. (2005). Community & health nursing, sixth edition, Lippincot William & Wilkins
  4. Wiyono, D (1999). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Teori. Strategi dan Aplikasi, volume 1, Airlangga university press

Related posts

Leave a Comment