Council Keperawatan, Pentingkah?

Oleh: Cut Rahmi
(Mahasiswi Magister Keperawatan Universitas Syiah Kuala)

Profil keperawatan profesional adalah gambaran dan penampilan menyeluruh perawat dalam melakukan aktifitas keperawatan sesuai dengan kode etik keperawatan.

Aktifitas keperawatan meliputi peran dan fungsi pemberian asuhan atau pelayanan keperawatan, praktik keperawatan, pengelolaan institusi keperawatan, pendidikan pasien/klien (individu, keluarga dan masyarakat) dan juga keperawatan sebagai profesi dituntut semakin sadar akan kedudukan, peran dan tanggung jawabnya sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa melalui upaya peningkatan kualitas pelayanan keperawatan.

Keperawatan telah diakui sejak tahun 1985 mempunyai ciri utama memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mengedepankan aspek kemanusiaan, kepentingan klien diatas kepentingan pribadi dengan bentuk pelayanannya bersifat humanistik, menggunakan pendekatan secara holistik dan dilaksanakan berdasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan serta menggunakan kode etik sebagai tuntutan utama dalam melaksanakan asuhan keperawatan.

Keperawatan sebagai salah satu profesi di bidang kesehatan memiliki jumlah tenaga yang paling banyak yang dapat menentukan kualitas pelayanan kesehatan. Jumlah perawat ini setiap tahun terus bertambah seiring dengan lulusan dari institusi pendidikan keperawatan yang tidak terkendali, sehingga perlu pengembangan profesionalisme dan payung hukum yang kuat agar perawat dapat bersaing dan meraih peluang kerja domestik maupun mancanegara dalam persaingan di era globalisasi.

Perawat dalam melaksanakan peran dan fungsinya kerap mengalami berbagai kendala, mulai dari adanya kasus mal praktek, tidak adanya legalitas dalam memberikan asuhan keperawatan hingga ada yang meragukan kompetensi yang dimiliki dan lain-lain.

Dari berbagai masalah yang muncul memicu profesi perawat untuk berupaya mencari kebijakan yang dapat mengatur profesi keperawatan dalam melaksanakan peran dan fungsinya di masyarakat.

Dunia keperawatan semakin berkembang ke arah yang lebih baik dan telah diakui sebagai sebuah profesi atau profesional yang ada di seluruh negara di dunia. Indonesia telah berdiri Organisasi Profesi Perawat (Persatuan Perawat Nasional Indonesia/PPNI pada tahun 1974) dan pada tahun 2014 lalu telah lahir Undang-Undang No. 38 tentang Keperawatan, ini membuktikan perawat telah diakui sebagai sebuah profesi namun disisi lain Keperawatan Indonesia masih tertinggal di tingkat ASEAN, karena lemahnya regulasi keperawatan seperti belum adanya regulatory body/counsil. Ini berarti Indonesia belum sepenuhnya menjalankan MRA (Mutual Recognition Arrangement) pada awal tahun 2009, karena MRA mengharuskan negara-negara yang menandatanganinya mempunyai system yang sama dalam kompetensi yang diakui bersama termasuk nursing act dan regulatory body/counsil.

The International Council of Nurses (ICN) adalah federasi lebih dari 130 asosiasi perawat nasional (NNAs), yang mewakili lebih dari 16 juta perawat di seluruh dunia. Didirikan pada tahun 1899, ICN adalah organisasi internasional pertama dan terluas mencapai dunia bagi para profesional kesehatan. Dioperasikan oleh perawat dan perawat terkemuka internasional, ICN bekerja untuk memastikan perawatan yang berkualitas, kebijakan kesehatan yang baik secara global, kemajuan pengetahuan keperawatan, dan kehadiran profesi keperawatan dihormati diseluruh dunia dan tenaga kerja perawat yang berkompeten dan memberikan pelayanan yang memuaskan.

Rencana strategis ICN menyajikan kerangka singkat dari kegiatan ICN yang direncanakan dan tindakan yang akan dilaksanakan untuk memenuhi tujuan ICN periode berikutnya. Hal ini dirancang untuk memajukan visi organisasi. Sejak dimulai pada tahun 1899, ICN bekerja untuk memastikan perawatan berkualitas untuk semua pasien, suara kebijakan kesehatan global, kemajuan pengetahuan keperawatan, dan kehadiran profesi keperawatan yang kompeten dihormati di seluruh dunia, tenaga keperawatan yang dapat memberikan motivasi dan kepuasan terhadap pelayanan. Rencana Strategis kongruen dengan tujuan ICN, dan di tiga domain utama praktek profesional, regulasi dan kesejahteraan sosial ekonomi yang didukung oleh transparan dan hasil-terfokus pemerintahan. Tujuan ICN adalah Untuk mewakili perawat di seluruh dunia, dan menjadi suara keperawatan internasional sehingga memajukan profesi dan mempengaruhi kebijakan kesehatan ICN hadir untuk memperkuat hubungan atau jaringan ke asosiasi keperawatan tingkat nasional, organisasi keperawatan dan organisasi non-keperawatan serta memastikan perkembangan dunia keperawatan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Melihat fenomena di atas maka yang menjadi ganjalan terberat kondisi perawat Indonesia saat ini terkait Regulatory body bagi perawat yang mengatur system legislatif profesi adalah belum adanya Nursing Council sehingga berpengaruh pada peran serta dan eksistensi perawat Indonesia secara Internasional di era perdagangan bebas ini.

Dengan tidak adanya Regulatory System and Regulatory Body (council) ini mengakibatkan pengakuan lulusan keperawatan Indonesia sangat rendah terutama di tingkat internasional. Rendahnya pengakuan ini lebih di sebabkan karena tidak adanya jaminan bahwa perawat asal Indonesia Kompeten di bandingkan perawat Negara lain. Disamping itu dengan tidak adanya Regulatory Body (Council) mengakibatkan perawat luar negeri siap menyerbu masuk ke Indonesia tanpa filter, akibatnya ancaman pengangguran terpelajar sudah didepan mata.

Oleh sebab itu perlu kiranya adanya council keperawatan agar tatanan asfek profesi keperawatan dapat terbina dengan optimal sehingga mampu menjadikan profesi ini siap dalam menghadapi segala tuntutan baik ditingkat nasional maupun internasional. Dan sudah sepantasnyalah semua anggota profesi keperawatan dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sedemikian rupa sehingga era globalisasi dan liberalisasi tidak merugikan tapi justru sebaliknya menguntungkan dan mensejahterakan profesi perawat. (*)

Sumber : https://harianandalas.com/aceh/council-keperawatan...

Bagikan Publikasi Mahasiswa ini

Publikasi Mahasiswa Lainnya