Penutupan Matrikulasi Mahasiswa Baru Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan USK

Matrikulasi hari ketiga berlangsung pada Jumat, 12 Agustus 2022, sekaligus sebagai hari terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan Matrikulasi Mahasiswa Baru Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala pada Tahun Ajaran 2022/2023.

Pada sesi pertama kegiatan hari ini, Ns. Asniar, M.Kep., Sp.Kom., Ph.D mengisi kelas dengan topik 'Teknik Menghindari Plagiarism (Paraphrasing & Citation)'. Selain mengajarkan cara meghindari plagiat dengan teknik parafrase, Ns. Asniar juga melakukan uji Turnitin pada salah satu proposal mini yang dibuat oleh mahasiswa pada saat pendaftaran mahasiswa baru. Dengan adanya praktik langsung ini, mahasiswa menjadi tahu bagaimana hasil tulisan salah satu mahasiswa tersebut jika dideteksi melalui aplikasi pengecek plagiasi dan diharapkan hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi mahasiswa baik saat menulis tugas-tugas selama perkuliahan maupun saat menulis tesis nantinya.

Sesi berikutnya merupakan sesi untuk kelas peminatan, yaitu Peminatan Keperawatan Jiwa, Keperawatan Komunitas, dan Keperawatan Medikal Bedah, sementara untuk kelas Manajemen Keperawatan sudah berlangsung pada hari kedua matrikulasi.

Setelah sesi break, materi berikutnya disampaikan oleh Dr. Ns. Cut Husna, MNS dengan topik 'Strategi Penyelesaian Studi Tepat Waktu'. Pada kesempatan ini, Ns. Cut Husna menyampaikan bahwa dalam belajar, mahasiswa harus memiliki banyak strategi agar bisa menyelesaikan studinya secara tepat waktu. Ns. Cut Husna juga menyampaikan beberapa tips dan trik agar bisa selesai tepat waktu. Hal ini perlu disampaikan mengingat bahwa mahasiswa Prodi Magister Keperawatan berasal dari berbagai kalangan, berbagai latar belakang, pekerjaan, dan status pernikahan. Berbagai faktor tersebut tentu akan ikut mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan. Dengan adanya materi dari Ns. Cut Husna tersebut, diharapkan mahasiswa baru akan terus bersemangat dalam menempuh studinya.

Pada pukul 14.00 WIB, materi berikutnya disampaikan oleh Dr. rer. Med. Ns. Marthoenis, MSc., MPH dengan topik 'Pengenalan Reference Manajemen Software (Mandeley)'. Pada materi ini, Ns. Marthoenis menyampaikan tentang cara menggunakan software untuk sitasi dan referensi yang bisa digunakan baik ketika menulis tugas-tugas kuliah maupun pada saat menulis tesis nantinya, sehingga hal ini akan mempermudah mahasiswa dalam menulis. Selain memberi materi, Ns. Marthoenis juga langsung mempraktikkan penggunaaan software tersebut dengan melibatkan mahasiswa.

Sesi berikutnya disampaikan oleh Dr. Ns. Darmawati, M.Kep., Sp.Mat dengan topik 'Pengenalan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar (MBKM)'. Pada sesi ini, Ns. Darmawati memperkenalkan apa itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Ns. Darmawati menambahkan bahwa ini Merdeka Belajar adalah salah satu inovasi baru dalam belajar, termasuk untuk jurusan-jurusan keilmuan kesehatan, termasuk keperawatan.

Sesi terakhir adalah sesi penutupan. Sesi ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala , Dr. Teuku Tahlil, S.Kp., M.S. dan Koordinator Program Studi Magister Keperawatan, Dr. Ns. Cut Husna, MNS. Pada kesempatan ini, Dr. Teuku Tahlil menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah dinyatakan lulus di Prodi Magister Keperawatan USK. Dr. Teuku Tahlil juga menyampaikan ucapan selamat datang ke kampus tercinta ini dan berharap mahasiswa tetap memiliki semangat yang sama besarnya ketika sudah menjalani masa-masa perkuliahan. Usai acara penutupan, acara ditutup dengan foto bersama; Dekan, Koordinator Prodi, dan para mahasiswa.

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya