Roadshow Sosialisasi Program Studi  Magister Keperawatan Tahun Ajaran 2022/2023

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (Fkep USK) terus mewujudkan visi dan misinya sebagai salah satu institusi pembina pendidikan keperawatan di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan program pascasarjana untuk Program Studi Magister Keperawatan (PSMK). Program studi ini diperuntukkan bagi lulusan sarjana keperawatan yang telah menempuh program pendidikan ners.

Kurangnya informasi terhadap PSMK Fkep USK menjadi permasalahan bagi perawat yang telah menyelesaikan program pendidikan ners untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister keperawatan.

Roadshow Sosialisasi PSMK merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan program studi ini ke berbagai institusi pelayanan dan pendidikan keperawatan di seluruh Aceh. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan ini dapat menambah jumlah mahasiswa yang mendaftar ke PSMK.

Tujuan kegiatan roadshow ini adalah untuk:

  • Mempromosikan PSMK ke berbagai institusi pelayanan dan pendidikan keperawatan di seluruh Aceh
  • Meningkatkan minat perawat yang ada di seluruh Provinsi untuk melanjutkan pendidikan magister keperawatan di PSMK FKep USK

Kegiatan Roadshow Sosialisasi PSMK ini berbentuk presentasi di instansi-instansi seperti rumah sakit, dinas kesehatan, dan perguruan tinggi atau sekolah tinggi kesehatan. di beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Adapun instansi-instansi tersebut adalah Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Rumah Sakit Jiwa Aceh, Rumah Sakit Umum Meuraksa Banda Aceh, Rumah Sakit Ibu dan Anak Aceh, STIKES Medikal Islami Sigli, Rumah Sakit Umum Daerah Chik Ditiro Kabupaten Pidie, Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen, Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon Kabupaten Aceh Tengah, Rumah Sakit Umum Cut Mutia Lhokseumawe Kabupaten Aceh Utara, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zubir Mahmud Idi Kabupaten Aceh Timur, Rumah Sakit Umum Daerah Langsa, Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Umur Calang Kabupaten Aceh Jaya, Rumah Sakit Umum Daerah Tgk. Pekan Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya, Rumah Sakit Umum Daerah Yulidin Away Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, dan Dinas Kesehatan Kota Subulusssalam.

Tahapan kegiatan ini diawali dengan mengirimkan surat permohonan ke instansi-instansi yang akan dikunjungi. Setelah instansi-instansi tersebut menerima permohonan dan setujui untuk dikunjungi, tim Roadshow Sosialisasi PSMK menentukan jadwal kunjungan ke masing-masing instansi.

Penanggung jawab kegiatan Roadshow Sosialisasi PSMK ini adalah Dekan Fakultas Keperawatan USK, Dr. Teuku Tahlil, S.Kp., MS. Tim kegiatan dan pemateri yang melakukan presentatsi untuk instansi-instansi yang disasar adalah para dosen di PSMK di antaranya: Dr. Ns. Darmawati, M.Kep., Sp.Mat, Dr. Ns. Cut Husna, S.Kep., MNS, Dr. Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep, Dr. rer. med. Ns. Marthoenis,M.Sc., MPH, Drs. Yatasrif, M.Pd, Sarmaita, SE, dan Novrizal Akbar, S.Si.

Kegiatan diikuti secara antusias oleh semua peserta dari berbagai institusi: perawat di pelayanan, perawat di institusi pendidikan, perawat di dinas-dinas kesehatan daerah, dan para pemangku kebijakan.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya